Hari Ini, 226 Sekolah Di Dki Jakarta Gelar Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Hari Ini, 226 Sekolah Di Dki Jakarta Gelar Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Keputusan akan diambil setelah dilakukan evaluasi oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Bukan lagi sekitar 8 jam per hari, sekolah tatap muka terbatas menerapkan durasi belajar sekitar 3-4 jam dalam satu hari. “Uji coba sekolah tatap muka ini merupakan layanan yang disiapkan sekolah dan siswa yang mengikutinya pun harus atas persetujuan orang tua,” katanya.

Mulai dari sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti peralatan pendukung kesehatan, pengaturan ruangan dengan penerapan jaga jarak fisik hingga sarana pendukung lainnya. Uji coba pembelajaran tatap muka untuk jenjang SD ini hanya diikuti oleh siswa kelas 4-6 saja. Sementara untuk siswa SMP dan SMA/SMK, diikuti oleh seluruh kelas.

Sekolah tatap muka uji coba

Selain itu, masih ada siswa yang berkerumun untuk berkumpul bersama teman-temannya. Namun, ketika siswa mulai berkerumun, petugas pengawas protokol kesehatan akan langsung meminta para peserta didik itu untuk membubarkan diri. Namun, Nadiem menekankan bahwa orangtua memiliki hak mutlak untuk menentukan apakah anaknya sudah boleh ikut sekolah tatap muka atau belum.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlah kasus virus corona di Pulau Jawa melonjak dalam 10 hari terakhir. Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19. Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

Maka dari itu, banyak orang tua berharap sistem belajar dengan tatap muka ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya agar tidakmenciptakan klaster-klaster baru virus corona di lingkungan sekolah. Namun, Bola Online tidak untuk uji coba pembelajaran tatap muka di DKI Jakarta. Meski uji coba sekolah tatap muka berjalan lancar, Riza belum bisa memutuskan akan melanjutkan dengan skala yang lebih besar atau tidak.

“Sangat disayangkan, jika SMA negeri di Jakarta, belum menyiapkan daftar periksa dan sarana pendukung protokol kesehatan,” kata Satriwan. Mengingat waktu pembelajaran tatap muka yang terbatas, penting juga untuk mengatur materi yang disampaikan. Dalam pelaksanaannya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menerangkan 6 poin penting dalam pelaksanaan sekolah tatap muka. Mendukung kebijakan tersebut, Dinas Pendidikan DKI Jakarta pun mengadakan uji coba sekolah tatapi muka. Jumlah peserta didik yang terbatas dengan maksimal 50 persen dari daya tampung per kelas dan pengaturan jarak 1,5 meter antarsiswa. Keempat, opsi menghadirkan anak ke sekolah tetap ditentukan oleh orang tua.

Sedangkan siswa yang tidak giliran masuk dalam uji coba terbatas ini juga akan tetap mengikuti kegiatan belajar di rumah melalui sistem daring. SEMARANG — Puluhan sekolah menengah atas dan sederajat di Jawa Tengah dan Jawa Barat memulai simulasi pembelajaran tatap muka pada Senin (7/9). Simulasi tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah siswa serta jam belajar.

“Kalau uji coba tidak harus diatur. Yang diatur itu kalau sudah keputusan kita mau jalan semua ,” ujarnya. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, uji coba akan dilakukan di 35 SMP, 35 SMA, 35 SMK dan 35 MA yang ada di Jawa Tengah. Uji coba PTM belum dilakukan di tingkat SD, TK dan PAUD atas dasar masukan dari sejumlah ahli. “Jadi, siswa hanya pergi belajar dan setelah itu langsung pulang dengan kendaraan pribadi atau mengendarai sendiri,” lanjutnya. Sekolah tatap muka hanya dilakukan tiga hari dalam seminggu, yakni pada Senin, Rabu, dan Jumat.

Saat masuk gerbang sekolah seluruh siswa dan guru di cek suhu tubuhnya. Kegiatan ujicoba sekolah tatap muka akan dilanjutkan usai libur Lebaran. “Untuk jumlah sekolah yang akan mengikutinya memang masih akan dievaluasi.

Comments are closed.