Motivasi Siswa Berbisnis, Datangkan Enterpreneur Muda

Motivasi Siswa Berbisnis, Datangkan Enterpreneur Muda

Riswal pun bekerja sama dengan Edi Priyanto , pengusaha pakaian di Jakarta. Edi yang mengurus pencetakan baju di Bandung dan pencetakan kemasan di Solo. “Saya mulai bisnis percetakan baju sejak umur 17 tahun, saat masih duduk di bangku kelas dua SMA. Mulanya cuma tangani pesanan teman-teman untuk Porseni,” kata Riswal kepada Warta Ekonomi? Akan ada hasil positif dari setiap keputusan baik yang kamu lakukan.

Peluang usaha untuk pelajar dan mahasiswa lainnya juga bisa dilakukan dengan menjadi pegawai toko. Meskipun berjualan namun dunia pendidikan dan juga tugas sekolah harus tetap dilaksanakan. Dalam hal itu modal yang dikeluarkan tidak harus banyak, jika hanya ingin menjual barang secara kecil-kecilan.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui banyak tentang blogger. Jadi tidak semua tulisan akan langsung dibayar, namun bila pelajar dan juga mahasiswa sering menulis maka bisa menjadi pundi pundi uang. Sama halnya dengan menjadi penulis lepas, para pelajar dan juga mahasiswa yang mempunyai bakat menulis bisa menjadi blogger.

Pertimbangkanlah untuk memberikan ide-ide kolaborasimu kepada mereka serta menjadikannya kesempatan belajar untuk semua orang. Saat kamu membangun sebuah bisnis, cobalah untuk membangun sebuah relasi yang baik dengan teman-teman sekelasmu dan juga mahasiswa lainnya untuk bergabung denganmu. Walaupun benar, terdapat beberapa bisnis yang biasanya tidak memerlukan jumlah banyak bahkan tidak membutuhkan modal sedikit pun. Hal yang harus kamu ingat juga saat ingin memulai bisnis ialah mengenai modal.

Dengan menjalani bisnis ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun. Untuk memulai bisnis kreatif untuk anak muda ini, Anda dapat mengeluarkan uang kurang dari Rp1 juta dengan modal smartphone Anda, kuota internet bulanan, dan ongkos untuk drop barang Anda ke tempat jasa pengiriman. Layanan fotokopi dan cetak, wifi free of charge, sumber daya online, serta bahan-bahan pustaka lainnya adalah alat yang sangat diperlukan untuk membantu kemajuan dan minat bisnis. Rio Erlangga memilih keluar dari PT Astra setelah delapan tahun bekerja, dan menggeluti usaha pertanian. Ia berlatih mengenal pasar dan belajar dari pengusah sukses Wayan Suparno.

Ya, harus diakui, tidak semua orang cocok untuk menduduki bangku perkuliahan. Sebagian dari mereka yang memang berjiwa liar, suka tantangan, suka ngegombal, tak kenal rasa takut dan senang mencoba hal yang baru memang cenderung menyukai dunia bisnis. Daripada harus duduk diam berlama-lama di kelas dengan menunggu sarjana lalu baru bisa mencari uang, mending jualan sekalian sekarang juga. Beberapa kegiatan serupa di Jakarta yakni model KKN dengan skema pendampingan UMKM, mahasiswa kata Teten juga terbukti mampu membantu UMKM dalam meningkatkan penjualan dari UMKM.

Membangun mindset optimistic memang tak mudah, namun itu pasti bisa Anda lakukan. Memang perlu tuli sejenak dari bisikan-bisikan negatif, baik dari diri sendiri atau orang lain. Butuh proses yang tidaklah instan untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, bisa jadi waktunya cukup panjang.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Tahun 2015 saja sudah ada 22 kelompok yang kita bina, kami terus berharap program ini terus berjalan dan menjadi aktivitas lanjutan,“ ujarnya. Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu jenis pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, termasuk didalamnya pendidikan kewirausahaan. Melalui pendidikan kewirausahaan diharapkan agar siswa dapat menumbuhkan sikap wirausahawan serta dapat termotivasi untuk menjadi seorang wirausahawan, sehingga dapat membuka usaha mandiri. Teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi.

Comments are closed.