Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha

Pedoman Program Mahasiswa Wirausaha

Lalu proses belajar untuk memenuhi tugas sekolah pun tidak akan terganggu. Dengan melakukan kegiatan menulis, modal yang harus dimiliki pun cukup sederhana yakni hanya information dan juga android. Selain untuk fokus dalam dunia pendidikan, para pelajar juga mahasiswa harus bisa membagi waktunya dengan baik.

Seseorang yang memiliki karakter wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Sebagaimana diketahui salah satu tujuan kebijaksanaan pembangunan nasional adalah meningkatkan produksi yang disertai dengan penciptaan lapangan kerja baru yang seluas-luasnya dan penyebaran pendapatan yang lebih merata. Berdasarkan uraian di atas, maka sudah sewajarnya para lulusan sekolah kejuruan diajak untuk memahami secara realistis keadaan sekarang ini dalam hubungannya dengan masalah kesempatan kerja. Juga perlu disadari bahwa tanggung jawab mereka tergantung sepenuhnya pada diri mereka.

TPM tanpa melakukan aksi untuk masyarakat bak sayur tanpa garam, hambar. Hal inilah yang agaknya menjadi motivasi bagi Suroso, TPM masyarakat di bidang pengairan DPPKP Kabupaten Kulon Progo menghadirkan program P3TGAI di wilayah Banaran. Sekarang warga Klaten bisa membeli 20 makanan produksi pelaku usaha mikro kecil menengah di toko trendy. Dalam kunjungannya kerumah duka, Kapolda Jateng didampingi oleh Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Rudy Syafirudin, Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat, S.S, Kapolres Semarang AKBP Ari Wibowo, S.H., S.IK., M.H, PJU Polres Salatiga dan Kapolsek Tingkir serta mahasiswa asal Papua yang belajar di Kota Salatiga.

Kalau para pebisnis sukses saja butuh waktu dan bahkan butuh pengorbanan untuk bisa berhasil, wajar saja kita yang baru memulai usaha menghadapi masalah. Sebaliknya, jika bisnis dilakukan karena harapan akan kekayaan semata, ketika muncul tantangan atau kesulitan, yang niscaya pasti ada dalam usaha, semangat pantang menyerah mudah luntur. Uang dapat bekerja untuk Anda, dan semakin banyak uang yang Anda gunakan, semakin cepat dan besar pertumbuhannya.

Jika dilihat dari sisi negatif, pandemi ini membawa begitu banyak dampak negatif, tetapi di lain hal tentu saja jika kita melihat dan mampu membaca peluang, keadaan ini tidak sedikit membuka peluang usaha. Bagi masyarakat yang dibatasi dalam hal aktivitasnya karena adanya kebijakan social and physical distancing, tapi kita harus tetap memenuhi segala kebutuhan, yang paling utama adalah kebutuhan pokok seperti pangan, sandang, kesehatan dan pendidikan. Berbagai peluang muncul bagi siapa saja yang mampu melihatnya dan melakukan berbagai inovasi-inovasi yang sangat diperlukan dalam situasi saat ini. Ibarat buah tidak akan jatuh dari pohonnya, makanya Anda harus belajar dengan orang-orang yang sudah sukses. Karena dengan Anda belajar dari orang sukses, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru dari orang yang sudah sukses terlebih dulu.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Mental priyayi sebagai konsekuensi dari birokrasi minded, yang selama ini menjadi tipe pendidikan nasional kita, harus mulai dihapus. Sebab faktanya menunjukkan, lowongan pekerjaan di kantor selalu terbatas. Sebaliknya, peluang kerja di luar kantor terbuka lebar untuk semua generasi. Siswa yang memiliki motivasi berwirausaha tinggi, berarti mempunyai kemauan untuk berhasil dalam berwirausaha. Latihan selanjutnya, mengajarkan anak untuk mampu mengelola uang dengan baik. Latihan yang perlu diajarkan bukan hanya cara membelanjakan, tapi juga menabung, sedekah, dan mencari uang.

Pasalnya hal tersebut merupakan peluang usaha untuk pelajar dan mahasiswa yang baik dan cukup sederhana. Para pelajar dan juga mahasiswa bisa memilih produk apa saja, yang sekiranya laku dijual dan dicari oleh banyak orang. Bisnis ini juga menjadi peluang usaha yang umum dilakukan oleh orang namun jangan takut untuk bersaing. Hal itu bisa dijadikan peluang usaha untuk pelajar dan juga mahasiswa menjadi agen atau voucher isi ulang pulsa. Sejujurnya ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan oleh para pelajar dan juga mahasiswa untuk bisa menambahkan keuangan. Mengingat keinginan para pelajar untuk bermain bersama teman-temannya, dan membeli pulsa, serta kebutuhan sekolah yang begitu banyak.

Comments are closed.