Pemerintah Diminta Vaksinasi Seluruh Guru Sebelum Pembelajaran Tatap Muka

Pemerintah Diminta Vaksinasi Seluruh Guru Sebelum Pembelajaran Tatap Muka

Naftali Bennett, ketua partai ultranasionalis yang menguasai enam kursi di Knesset yang memiliki one hundred twenty kursi dilantik sebagai perdana menteri kemarin. Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes Kartini Rustandi menambahkan, meskipun guru sudah menjalani vaksinasi, bukan berarti aman. Hasil survei, makin muda usia Daftar Togel Online guru makin banyak yang menolak divaksinasi. Para pengidap penyakit kronik, seperti PPOK, asma, penyakit jantung, penyakit gangguan ginjal, penyakit hati yang sedang dalam kondisi akut atau belum terkendali, vaksinasi ditunda dan tidak bisa diberikan. Bagi orang lanjut usia , sudah bisa mendapatkan persetujuan untuk diberikan vaksin COVID-19.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, vaksinasi untuk guru ini dilakukan bukan hanya untuk melindungi guru dan tenaga kependidikan saja tetapi juga untuk melindungi siswa ketika sekolah dibuka nantinya. Pasalnya, kata dia, vaksinasi belum bisa dilakukan untuk anak di bawah 18 tahun. Berdasarkan SKB four Menteri, pembelajaran tatap muka hanya diperbolehkan untuk sekolah yang telah memenuhi daftar periksa–meliputi ketersediaan sarana sanitasi sampai pengukur suhu badan. “PTK yang terdaftar cukup membawa identitas diri ke lokasi vaksinasi yang ditentukan Pemda, jika tidak terdaftar perlu membawa surat pernyataan dari pimpinan satuan pendidikan dan membawa ke lokasi vaksinasi,” ujarnya. Sementara, ‎Plt Kadiskes Dumai, dr Syaiful mengungkapkan, bahwa Vaksinasi terhadap tenaga pendidik atau guru merupakan salah satu syarat sekolah untuk membuka belajar tatap muka.

Vaksin bagi guru

Satu tahun sudah kegiatan PJJ, akhirnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengeluarkan kebijakan untuk kembali melaksanakan sekolah tatap muka pada bulan Juli nanti. Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan sekolah tatap muka adalah salah satunya seluruh guru dan tenaga kependidikan harus sudah divaksin COVID-19. Tahap pertama vaksinasi dilakukan untuk guru dan tenaga pendidik di sekolah negeri mulai jenjang TK/PAUD, SD dan SMP.

Vaksinasi dilakukan bagi pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh jenjang pendidikan di satuan pendidikan negeri dan swasta, baik formal maupun non-formal dan pendidikan keagamaan secara bertahap. Salah satu guru SD Swasta Bintang Kejora Cengkareng Kenoki Halawa, M.Pd mengaku mendukung program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 melalui vaksinasi ini. Ini sebagai bentuk persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka tahun ajaran baru,” kata Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, Sabtu. Pelaksanaannya dinilai aman dan menjadi praktik baik yang bisa dicontoh sekolah-sekolah yang sedang melakukan persiapan penyelenggaraan PTM terbatas. Kendati tidak bertanggung jawab untuk vaksinasi COVID-19 bagi guru tingkat menengah atas, Dinkes Palembang tetap menerima jika masih ada tenaga pendidik dari SMA melakukan penyuntikan di posko kesehatan. hari ini, 24 Februari 2021, pemberian vaksin pada guru, tenaga pendidik dan dosen mulai diberikan, teman-teman.

“Vaksin semuanya berjalan lancar, para guru, pendidik semuanya telah dimulai dan kita harapkan nanti setelah Provinsi DKI Jakarta semua provinsi juga melakukan hal yang sama,” katanya. Masing-masing tim terdiri dari 7 anggota, yakni 2 orang di meja pendaftaran, 2 orang di meja skrining, 2 orang di meja pemberian vaksinasi, dan 1 orang di meja pemberian sertifikat. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Akhmad Fauliansyah mengatakan sampai kemarin setidaknya sekitar 2.300 lebih guru dari three.000 guru di “Kota Cantik” telah divaksin COVID-19. Bariun mengimbau pada guru di wilayah Kota Baubau agar tidak ragu untuk divaksin, karena itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dari serangan covid-19. Namun dibalik itu, Bariun pun minta kepada semua pihak agar guru jangan ditakut-takuti, misalnya kalau tidak ikut vaksinasi maka dana sertivikasinya ditahan.

Tak perlu khawatir, terdapat berbagai program vaksinasi gratis yang diselenggarakan bagi para lansia di berbagai daerah, termasuk DKI Jakarta dan kota lainnya. Jangan takut saya tadi diobservasi setengah jam supaya kalau ada reaksi bisa langsung ditangani, namun sampai sekarang ini saya aman-aman saja,” ucap Kenoki. Targetnya pada bulan Juni nanti vaksinasi untuk lima juta guru, tenaga pendidik dan kependidikan.

“Ini untuk percepatan mengejar prioritas vaksin guru, supaya pembukaan sekolah siap. Guru harus 100 persen sudah vaksin,” timpalnya. Menurut Plt Kepala Dinas Kesehetan Palembang, dr Mirza Susanty, pihaknya masih melaksanakan vaksinasi ke semua instansi pendidikan hingga pelaksanaan tercapai 100 persen. “Syukur alhamdulillah, dari survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia, 71% sekolah sudah siap untuk melaksanakan protokol kesehatan. Sekaligus menyediakan protokol kesehatan di sekolahnya masing-masing,” tuturnya.

Comments are closed.