Ratusan Kost

Ratusan Kost

Kendati rintisan, rekrutlah seseorang yang dapat dipercaya untuk membantu Anda mengelola kosan tersebut. Upayakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan semua penghuni. Kendati hanya melalui chat, ada baiknya Anda beramah-tamah dengan mereka. Bisa dibilang, kosan memegang peran penting dalam produktivitas dua kelompok di atas. Simak artikel Finansialku berikut ini dan silakan ikuti untuk kesuksesan kosan Anda.

Usaha kost-kostan

Beriklan itu penting karena jika hanya mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut, tentunya tidak cukup. Dengan mengiklankan kos-kosan ke internet, jangkauan pemasaran jadi jauh lebih luas. Apalagi, saat ini orang-orang lebih mengandalkan mencari data kos melalui web. Seperti, biaya pembangunan atau renovasi, tarif sewa yang dipatok, perkiraan waktu balik modal, dan lain-lain. Jangan sekadar menerima bayaran setiap bulan saja tanpa tahu progres keuangan, atau bahkan merugi. Bila tempat kost berada di lokasi strategis, maka kemungkinan besar untuk terus terisi akan semakin besar.

Mesin Cuci, mendengar namanya tentu Anda sudah tidak asing dengan mesin pembersih pakaian yang satu ini. Penggunaan mesin ini dalam sebuah rumah seolah-olah telah menjadi sesuatu hal yang wajib tersedia untuk memudahkan pekerjaan rumah tangga. Sementara itu, mesin cuci yang diperlukan untuk mencuci sepatu adalah mesin cuci khusus yang berbeda dengan mesin cuci baju. Harga sebuah mesin cuci sepatu cukup bervariasi, mulai dari 2 jutaan rupiah hingga di atas 5 jutaan rupiah, bergantung fitur dan kapasitasnya. Deterjen untuk mesin cuci dan laundry tidak harus mahal, lho. Apa jenis deterjen yang cocok untuk mesin cuci, apakah deterjen bubuk atau cair?

Namun, setelah memiliki banyak penghuni, jangan pernah lupa untuk melayani mereka dengan baik di dalam kos-kosan. Terima saran dan kritik mereka, karena hal itu bisa membangun Anda dan bisnis menjadi lebih baik dan berkembang. Peraturan tersebut yaitu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 34 Tahun 2017 tentang Pajak atas Penghasilan dari Persewaan Tanah dan/atau Bangunan.

Jika terlalu murah tentu Anda tidak akan mendapatkan keuntungan namun jika terlalu tinggi juga akan membuat kost-kostan Anda tidak laku dan sepi peminat. Untuk itu tetapkan biaya sewa yang sesuai dengan standar yang ada dipasaran dan wajar. Selain penghasilan yang terus mengalir setiap bulannya, sebagai usaha jangka panjang, pemilik kost-kostan bisa menikmati keuntungan dari terus naiknya nilai tanah. Keamanan selama tinggal di kamar kos kosan adalah prioritas utama. Tak jarang, pengelola kos kosan atau pemilik indekos menetapkan peraturan hanya terima kost dengan gender tertentu, seperti kost putri dan kost putra.

Comments are closed.